Resep Empek empek

Empek empek. Makanan yang satu ini memang cukup dikenal dari ujung timur sampai barat Indonesia. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya. 
Empek empek     

Bahan Empek empek :

  1. 250 grm of tepung sagu.
  2. 250 gram of daging ikan tengiri/gabus.
  3. 2 sdt of garam.
  4. 1/2 sdt of gula pasir.
  5. Bahan biang :
  6. 4 sdm of terigu protein rendah.
  7. 7 siung of bawang putih haluskan.
  8. It's 250 ml of air.
  9.  Bahan cuko :
  10. 250 grm of gula jawa.
  11. 20 grm of asam jawa.
  12. 10 buah of cabai rawit haluskan.
  13.  5 siung of bawang putih haluskan.
  14.  100 grm of ebi kering haluskan.
  15. 1 sdt of garam.
  16. Bahan pelengkap :
  17. Ketimun potong kecil².
  18. 2000 ml of air untuk merebus.
  19. 3 butir of telor ayam.
  20. 1 sdm of minyak goreng.
  21. Minyak goreng untuk menggoreng.

Cara Membuat Empek empek 

  1. Blender halus daging ikan tenggiri atau gabus. Sisihkan. Untuk bahan biang haluskan bawang putih tambahkan terigu dan air lalu masak dengan api sedang sampai menggumpal. Sisihkan Tunggu hingga dingin..
  2. Setelah dingin bahan biang dicampurkan dengan daging ikan tengiri yang telah dihaluskan tambahkan garam dan gula pasir aduk rata. Kemudian tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk..
  3. Setelah itu bentuk adonan sesuai selera. Bisa diisi dengan telor dibuat empek2 kapal selam dan lonjong/lenjer. Kemudian panaskan air sampai mendidih dan tambahkan 1 sdm minyak goreng setelah mendidih masukkan empek2 yang sdh dibentuk rebus hingga mengapung. Setelah mengapung tiriskan. Tunggu hingga uap airnya hilang siap untuk di goreng.
  4. Menunggu empek2 dingin. Kita siapkan bahan untuk membuat cuko nya. Masukkan semua bahan Cuko kedalam panci rebus hingga mendidih kemudian saring..
  5. Panaskan minyak untuk mengoreng. Goreng hingga kuning keemasan.setelah dingin Potong potong sesuai selera. Tambahkan kuah cuko dan irisan mentimun.. Selamat menikmati..

Komentar